KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

DIREKTORAT PERLINDUNGAN PERKEBUNAN

19/12/2018 - 05:49 PM

Gula Aren Semut Organik Kelompok Tani Mitra Mandala Menuju Pentas Dunia

Di Publish Pada : 15/12/2017 | Kategori : Desa Pertanian Organik

Kelompok Tani Mitra Mandala, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten yang secara historis kental dengan aroma romantisme perkebunan, dipilih menjadi salah satu lokasi pengembangan desa pertanian organik berbasis komoditas perkebunan dengan tanaman aren  sebagai komoditas tradisional dari masa ke masa. Pada masa kolonial para meneer Belanda selalu menggunakan gula aren semut, yang mereka sebut sebagai palmzuiker dalam keseharian sebagai substitusi gula pasir putih yang cukup langka di masa itu. Aroma dan manisnya gula aren kemudian tercium sampai daratan Eropa seiring dengan semerbak rempah-rempah Nusantara lainnya.

Keunggulan komparatif yang dimiliki Kelompok Tani Mitra Mandala berupa kebun aren seluas 320,9 ha, pengelolaan kebun secara organik alami serta anggota kelompok sebanyak 150 orang petani pekebun tidaklah cukup untuk menjawab permintaan pangsa pasar luar negeri akan gula aren semut organik. Dengan kenyataan seperti itu, maka harus dibarengi dengan peningkatan keunggulan kompetitif yang salah satunya dilakukan melalui usaha mengubah kebun aren organik alami, yaitu lahan perkebunan yang karena faktor geografis dan kearifan lokal sama sekali tidak pernah menggunakan pupuk kimia sintetis atau pestisida kimia,  menjadi kebun aren organik by design  melalui serangkaian proses terstruktur dan sistematis dengan pendampingan dari lembaga yang mempunyai kompetensi dalam proses pendampingan sertifikasi pertanian organik sehingga akhirnya mendapatkan pengakuan berupa sertifikat pangan organik.

Melalui fasilitasi dari Direktorat Jenderal Perkebunan cq. Direktorat Perlindungan Perkebunan pada tahun 2017, Kelompok Tani Mitra Mandala telah berhasil meraih sertifikat pangan organik SNI dan Organik Eksport Canada Organic Regime (COR) yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Organik (LSO) BIOCert-Indonesia.  Dengan sertifikat yang sudah digenggam tersebut, Kelompok Tani Mitra Mandala langsung merasakan manfaatnya, ditandai dengan semakin banyaknya permintaan gula aren semut yang mereka produksi.   Dua pembeli potensial sudah memasuki tahap MoU, yaitu: PT. Indomaret, Tbk. dan peminat dari Singapura. Sebagai tahap awal, pada bulan Desember 2017 ini akan dikapalkan 15 ton gula aren semut organik ke Singapura dan selanjutnya pada tahun 2018, volume akan terus ditingkatkan karena kapasitas terpasang Unit Pengolahan Hasil (UPH) Kelompok Tani Mitra Mandala adalah 50 ton/bulan. Keuntungan lainnya, dari segi harga jual juga diperoleh peningkatan yang cukup signifikan dibanding dengan gula aren semut non organik. Saat ini, harga gula aren semut non organik dibandrol dengan harga Rp.17.000/Kg di pasar lokal sedangkan gula aren organik di kisaran harga Rp. 28.000,-/Kg. Bahkan, melalui inovasi pengolahan hasil oleh Kelompok Tani Mitra Mandala bisa dihasilkan gula aren jahe dan gula aren kunyit organik dengan harga yang fantastis 7.05 Singapore Dollar/Kg atau setara Rp.70.000,-/Kg.

Capaian positif pembangunan sub sektor perkebunan melalui kegiatan Pengembangan Desa Pertanian Organik Berbasis Komoditas Perkebunan di Kelompok Tani Mitra Mandala Kabupaten Lebak Provinsi Banten yang sudah diraih merupakan hasil dari kerja keras semua pihak, sehingga harus terus dipertahankan dan ditularkan ke daerah lain. Muara dari kegiatan ini adalah peningkatan indeks pembangunan manusia sub sektor perkebunan di  Kelompok Tani Mitra Mandala  Kabupaten Lebak dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

 

Penulis : Rony Novianto, SP


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 46
Total pengunjung : 15604

Polling

Survey Kepuasan Website

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Harsono RM No.3, Gedung C Lantai 5, Ragunan - Jakarta Selatan 12550 - Indonesia
Telp. : (021) 7815684 Fax : (021) 7815684. Email : perlinbun@pertanian.go.id